Penyebab Nasi Cepat Bau

Pengguna magic jar pasti pernah mengalami, masak nasi pagi,  sore sudah rusak, masak nasi sore,  pagi sudah bau tidak bisa dimakan.  Pembantu saya menganalisisnya, katanya karena kena santet.😀

Nasi rusak atau bau itu disebabkan karena ulah bakteri.  Kok bisa? Padahal suhu magic jar tinggi dan tidak memungkinkan bakteri hidup? Iya betul, Bakteri umumnya mati di lingkungan bersuhu tinggi seperti magic jar. Namun ada jenis bakteri tertentu, disebut bakteri Thermophyl (termofil) yang hidupnya justru di tempat panas. Bakteri ini tahan hidup pada suhu 60 – 80C, dimana bakteri yang lain mati.  Bakteri ini suka mengoksidasi sulfur yang menyebabkan nasi berbau busuk. 

Bagaimana bakteri bisa masuk ke magic jar?  Bakteri terdapat di mana-mana. Ketika kita membuka menutup magic jar,  bakteri yang ada di udara masuk.  Bisa juga masuk melalui entong,  alat penyiduk nasi.  Atau cara lainnya. 

Supaya bakteri tersebut tidak dapat hidup,  pada waktu akan memasak nasi dan menghidupkan magic jar,  coba masukkan air perasan jeruk nipis. Air jeruk berfungsi memberi suasana asam pada nasi sehingga bakteri tidak dapat hidup. Jika nasinya banyak, diperlukan satu jeruk nipis yang diperas dan airnya dicampur ke air nasi untuk memasak.  Nasi tidak akan terasa asam.

Jika magic jar sudah terkena bakteri sehingga selalu merusak nasi,  maka langkah berikut  ini akan menghindarinya:

1. Lepas atau ambil bagian penampung nasi atau wadah nasi. Bagian ini terbuat dari alumunium.  Panaskan di atas kompor selama 10 hingga 15 menit. Maksudnya supaya semua bakteri terbunuh. Biarkankan dingin dan bagian dalam ini jangan diraba-raba biar tidak terkontaminasi (tidak terkena bakteri lagi). 

2.  Bersihkan bagian pemanas nasi (bagian luar magic jar) dengan kapas yang dicelup dengan alkohol 70%.   Ini untuk sterilisasi. Awas, matikan dulu sambungan listriknya.

3.  Demikian juga entong yang telah dicuci harus dibersihkan dengan kapas yang dicelup alkohol 70%. Tangan Anda juga.

4.  Semua peralatan yang berkaitan dengan magic jar (misal kain lap,  tempat entong) harus dibersihkan dan disterilkan dengan alkohol 70%.  Jangan menggunakan entong yang belum dibersihkan.

Langkah 1 sd 4 tersebut akan menghindari dan bahkan tidak memungkinkan bakteri termofilik hidup. 
Ada kemungkinan Anda belum berhasil. Jika belum, lakukan dengan cermat dan bayangkan di sekitar Anda banyak bakteri. Kemudian lakukan agar langkah-langkah di atas agar  benar-benar steril.  Jika belum berhasil lagi, berarti bakteri masih ada dan lakukan lagi dan bayangkan Anda melakukannya dengan benar dan steril. Pasti berhasil.

Bagi Anda yang tidak mengalami atau belum mengalami, ada baiknya Anda melakukan pencegahan yaitu memasukkan air jeruk nipis ke dalam air sebelum dipanaskan dengan magic jar.

Jadi, nasi rusak/bau di magic jar bukan karena guna-guna atau santet, melainkan karena bakteri termofil

Fb : Istamar syamsuri

7 Tanggapan so far »

  1. 1

    Sedo said,

    Informatif mba, klo IBU saya bilang itu karena terlalu kering, tapi akhirnya ini bisa jadi alasan yg lebih rasional daripada Kaya IBU saya, hhehe

  2. 2

    Sedo said,

    makasih mba infonya… klo orang tua saya nyebutnya bau “seterum” (aka listrik)

    orang tua saya bilang bau “seterum” di nasi itu gegara kelamaan dipanasin, ternyata sumbernya bakteri… hehehhe

    tapi jadi masalah pencernaan ga sih kalo kita makan nasi yg bau “seterum” itu?

    • 3

      Mila Wulandari said,

      Hehee iya mamah saya jg selalu bilang kelamaan dipanasin..coba copot colokan nya setelah nasi selesai dimasak..😂😂😂

  3. 4

    assa said,

    Nice share mbak,

    saya sering ngalamin itu, kirain magic jar nya yang rusak, ternyata enggak. Kajadian itu sering terjadi di saat musim panas..😦

  4. 6

    winnymarlina said,

    harus dibersihkan seering mungkin ya kak

    • 7

      Mila Wulandari said,

      Iya, caranya jg harus tepat, dulu saya pengalaman membersihkan magic com tp malah makin panas suhunya n nasi jadi kering.. keras bgt pdhl g bau n takaran airnya jg pas


Comment RSS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • *Follow Me On Twitter*

  • My Facebook

  • Tentang Aku

    Assalamualaikum..
    Hallo teman-teman Salam Kenal yaa..Aku seorang nutritionist, Seorang istri yang berusaha untuk menjadi shaleha..suka posting..Senang berbagi cerita dan informasi. Saya senang berteman dengan siapa saja. Selamat membaca..Pliss add coment ya..#ngarep

  • *My Posting*

  • Instagram Account

    Thankyou My lil bro @imamfachrul_ masker naturgo nya langsung tth pake yaa..cucok markicokk..adem bgt d muka ❤❤❤ buat yg minat bisa japri Aja ke @imamfachrul_  yaa..thankss 😉
  • Blog yang Saya Ikuti

  • wjsblog

    mencari jati diri

    mayakristiantini

    @HatiWanita

    KRIRIEN

    sekadar merapikan kenangan

    Variasi Menu - Menu

    always fresh always tasty

    %d blogger menyukai ini: