Manfaat Medis Shalat Tarawih

Solat Tarawih adalah solat yang dikerjakan pada malam-malam dalam bulan Ramadhan al-Mubarak dan waktu mengerjakannya adalah selepas solat Isyak dan sebelum solat Witir. Solat Tarawih adalah salah satu daripada ibadah-ibadah dalam bulan Ramadhan yang penuh berkat dan paling besar kesannya dihati kaum Muslimin. Ia juga mempunyai darjat dan keutamaan yang dirahsiakan oleh Allah s.w.t. 

Rasulullah s.a.w. bersabda yang bermaksud: “Sesiapa beribadat pada malam-malam bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharapkan akan pahala deripada Allah (s.w.t.), nescaya dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni oleh Allah (s.w.t.).”  (Riwayat al-Bukhari)

Menjaga kebugaran fisik Salat Tarawih mampu meningkatkan daya tahan, stamina, fleksibilitas dan kekuaran tubuh.Salat Tarawih menghasilkan efek yang sama seperti ketika olahraga jogging atau berjalan, namun tanpa efek samping. Jadi salat Tarawih akan membawa Anda pada kebugaran fisik yang baik.
Baik untuk tubuh lansia Orang yang sudah lanjut usia (lansia) cenderung sering mengalami gangguan pada tubuh berupa pegal dan bahkan pengeroposan tulang (osteoporosis). Gangguan ini bisa dicegah melalui salat Tarawih. Kekuatan otot, tendon, fleksibilitas sendi dan respon kardiovaskular bisa meningkat karena melakukan gerakan salat secara berulang
Membantu program diet Makanan saat berbuka puasa dan sahur sangat berpotensi meningkatkan berat badan seseorang. Tapi, hal itu bisa dicegah dengan melaksanakan salat Tarawih sesudah makan saat buka puasa. Melaksanakan salat Tarawih bisa membantu membakar kalori dalam tubuh, jadi berat badan bisa tetap terjaga.
Menenangkan hati dan perasaan Salat sejatinya mirip dengan olahraga yang bisa meningkatkan suasana hati dan kualitas hidup sekaligus mengurangi kecemasan dan depresi. Dengan salat Tarawih dan melafalkan do’a serta ayat suci Al-Quran akan memicu relaksasi yang bisa menurunkan tekanan darah, tingkat pernapasan dan denyut jantung. Sehingga hati akan terasa lega dan lebih tenang.

Menghindarkan stres pikiran Gerakan sujud yang dilakukan berulang kali saat salat Tarawih akan membantu meningkatkan kadar oksigen dalam otak. Semakin banyak oksigen, maka otak akan terasa segar dan tidak akan terserang stres. Jika Anda sedang stres karena pekerjaan, maka salatlah agar bisa mendapat petunjuk dan juga kesehatan.

(Dr Ibrahim B. Syed, Ph.D)
Source : Suryalaya Kajembaran Rahmaniah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • *Follow Me On Twitter*

  • My Facebook

  • Tentang Aku

    Assalamualaikum..
    Hallo teman-teman Salam Kenal yaa..Aku seorang nutritionist, Seorang istri yang berusaha untuk menjadi shaleha..suka posting..Senang berbagi cerita dan informasi. Saya senang berteman dengan siapa saja. Selamat membaca..Pliss add coment ya..#ngarep

  • *My Posting*

  • Instagram Account

    Thankyou My lil bro @imamfachrul_ masker naturgo nya langsung tth pake yaa..cucok markicokk..adem bgt d muka ❤❤❤ buat yg minat bisa japri Aja ke @imamfachrul_  yaa..thankss 😉
  • Blog yang Saya Ikuti

  • wjsblog

    mencari jati diri

    mayakristiantini

    @HatiWanita

    KRIRIEN

    sekadar merapikan kenangan

    Variasi Menu - Menu

    always fresh always tasty

    %d blogger menyukai ini: