Sepele Tapi Penting

Berikut ini beberapa hal yg kadang dianggap sepele, tapi bisa berdampak buruk jika diabaikan. Gw kumpulkan berdasarkan pengalaman pribadi, dan pengalaman orang.
Cekidot..

1. Cabut charger hape dari colokan setelah digunakan. Charger yg lampu merahnya masih menyala, otomatis masih menghantarkan listrik. Pernah baca, ada anak kecil tewas kesetrum setelah ngemut ujung charger menggantung yg lupa dicabut orangtuanya.

2. Biasakan mematahkan sedikit ujung tusuk sate atau siomay sebelum dimakan atau akan dibuang. Tetangga gw pernah menginjak tusukan sate yg dibuang sembarangan di jalanan. Gak tanggung-tanggung, jempol kakinya sampe dioperasi akibat tertusuk tembus atas bawah.

3. Pisahkan daging rambutan dengan bijinya sebelum dikasih ke anak. Begitu pula dengan permen, sebaiknya dibelah dua dulu sebelum dikasih ke anak. Bulatan rambutan dan permen kadang lebih besar dari diameter tenggorokan anak kecil. Pernah nonton berita, ada anak tewas keselek rambutan. Ponakan gw juga pernah hampir kehilangan nafas, muka sudah membiru karena keselek permen.

4. Sering makan nasi goreng, gado-gado atau makanan bungkusan lainnya yg ujung kemasannya distaples, bukan diikat karet? Hati-hati. Memang sih belum ada kejadian. Tapi gak ada salahnya waspada. Coba bayangkan kalo peluru staples yang kecil dan tajam itu nyangkut ke tenggorokan atau nempel di usus. Hiiiy..

5. Sebelum membuang serpihan pecah beling ke tempat sampah, baiknya dibungkus plastik dulu, trus dilakban, dan kasih tulisan “awas kaca”. Memang kesannya kurang kerjaan. Tapi pernah lihat postingan teman, ada pemulung yg jarinya berdarah-darah setelah mengais bak sampah. Kan kasian.

6. Bagi mbak-mbak atau ibu-ibu berhijab besar, biasakan memperhatikan ujung hijab ataupun rok sebelum naik moter atau dibonceng. Ujung kain yg menjuntai bisa jadi malapetaka. Istri gw pernah hampir jatuh dari motor, setelah roknya melilit di ban motor, sampe harus digunting dulu biar lepas. Alhamdulillah ia masih mujur. Karena di daerah gw malah ada yg pernah tewas jatuh dari motor usai sholat taraweh setelah ujung mukenahnya masuk jari-jari roda motor (di sini namanya teralis)

7. Periksa bawah mobil anda sebelum dikeluarkan dari garasi. Pada anomali cuaca seperti ini, yg hujannya gak menentu, kucing kadang mencari tempat yg cenderung hangat.
Lokasi ruang mesin atau kolong dekat knalpot dan ban biasanya menjadi tempat berteduh. Pernah melihat kucing kelindas ban mobil? mending jangan. Serem banget.

8. Jangan sepelekan menerima telepon saat pengisian bensin di SPBU. Silahkan cek di youtube, banyak insiden kendaraan terbakar akibat radiasi telepon.

9. Biasakan mendahulukan membasuh kaki atau bagian bawah badan jika mandi, sebagai bentuk adaptasi air. Sudah sering kejadian orang jatuh di kamar mandi hingga terserang stroke, yg diduga akibat langsung menyiram kepala saat mandi. Apalagi setelah begadang dan tubuh gak fit, sangat gak dianjurkan. Suhu air yg dingin, rentan menyempitkan atau bahkan menyumbat aliran darah ke otak.

10. Rutinlah membersihkan mouse pribadi ataupun mouse di kantor dgn tisu basah atau tisu anti bakteri, apalagi mouse yg dipake umum di warnet. Menurut penelitian, jumlah bakteri yg bersarang di mouse, jauh lebih banyak dari kloset. Logikanya, kloset hampir tiap hari disiram, sementara mouse jarang terpikirkan untuk sekadar dibersihkan. Jika anda terserang muntaber tanpa sebab, bisa jadi karena hal ini.

11. Jangan hanya sering membersihkan data cache di smartphone, tapi teliti juga history search pada facebook anda. Clear-kan dengan rutin. Apalagi jika pada list history itu sering ada nama mantan. Sumpah, ini bukan pengalaman pribadi, tapi percayalah jika hape anda dipinjam pasangan maka dampaknya akan jauh lebih buruk dari 10 poin di atas.

Demikian.
Feel free to share jika dianggap bermanfaat. Cukup sertakan sumber, gak perlu ketik like atau katakan amin.
Terima kasih..

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    ndu.t.yke said,

    Arham Kendari punya ya? Mantap nih. Aku kmaren juga share tulisan ini dr FB dia.


Comment RSS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • *Follow Me On Twitter*

  • My Facebook

  • Tentang Aku

    Assalamualaikum..
    Hallo teman-teman Salam Kenal yaa..Aku seorang nutritionist, Seorang istri yang berusaha untuk menjadi shaleha..suka posting..Senang berbagi cerita dan informasi. Saya senang berteman dengan siapa saja. Selamat membaca..Pliss add coment ya..#ngarep

  • *My Posting*

  • Instagram Account

    Thankyou My lil bro @imamfachrul_ masker naturgo nya langsung tth pake yaa..cucok markicokk..adem bgt d muka ❤❤❤ buat yg minat bisa japri Aja ke @imamfachrul_  yaa..thankss 😉
  • Blog yang Saya Ikuti

  • wjsblog

    mencari jati diri

    mayakristiantini

    @HatiWanita

    KRIRIEN

    sekadar merapikan kenangan

    Variasi Menu - Menu

    always fresh always tasty

    %d blogger menyukai ini: