10 Langkah Mudah Siapkan Bekal Bergizi Untuk Keluarga

menu sehat

Source gambar : http://www.hidupsehat.web.id

Kebanyakan orang memilih membeli atau memesan hidangan makan pagi dan makan siangnya. Padahal, menu makanan yang disiapkan sendiri oleh kita akan jauh lebih baik dan sehat. Sebab, tingkat kebersihan, kandungan dan cara pengolahan makanannya akan jauh diperhatikan.

Ikuti 10 langkah mudah menyiapkan bekal bergizi untuk keluarga yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Selain menghemat bujet, menyiapkan bekal sendiri akan menambah rasa sayang diantara anggota keluarga. Benar, kan?

1.  Siapkan bekal malam pada sebelumnya untuk mengurangi kerepotan di pagi hari. Cara ini akan memudahkan Anda menyiapkan keperluan lain anak di pagi hari.

2. Pastikan kondisi bahan makanan yang akan digunakan tetap dalam kondisi baik, tidak rusak atau kedaluwarsa, tidak berjamur dan tidak berbau busuk.

3.  Hindari kontaminasi silang dari bahan makanan yang masih mentah dengan makanan yang sudah matang atau setengah matang. Pisahkan saat menyimpan agar tidak ada perpindahan bakteri dari bahan makanan mentah ke makanan matang.

4.  Simpan bahan makanan sesuai jenisnya, apakah di lemari es atau cukup dalam suhu ruangan di dalam lemari makan.

5.  Masak setengah matang atau hanya potong-potong saja bahan makanan yang disiapkan pada malam sebelumnya. Tidak menutup kemungkinan juga untuk memasak makanan bekal pada malam hari hingga matang. Misalnya, ayam goreng, Anda bisa ungkep ayam pada malam hari dan menggorengnya di pagi hari.

6.  Cairkan bahan makanan beku yang akan digunakan sebelum dipanaskan atau dimatangkan di pagi hari.

7. Panaskan makanan yang sudah matang, baik menggunakan microwave atau kompor. Jika bahan makanan yang disimpan hanya setengah matang, maka matangkan pada pagi harinya.

8. Cuci bersih bahan makanan mentah, sebelum dimasukkan dalam wadah makan. Lalu susun bekal  dalam wadah makannya.

9. Usahakan anak hanya membawa satu kotak makanan saja, agar ia tidak kerepotan.

10. Buat daftar menu yang berguna agar Anda tidak bingung saat memilih makanan untuk bekal. Daftar menu ini kemudian dibuat putaran menu mingguan, 10-harian atau bulanan.

 

Source : tabloidnova.com dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • *Follow Me On Twitter*

  • My Facebook

  • Tentang Aku

    Assalamualaikum..
    Hallo teman-teman Salam Kenal yaa..Aku seorang nutritionist, Seorang istri yang berusaha untuk menjadi shaleha..suka posting..Senang berbagi cerita dan informasi. Saya senang berteman dengan siapa saja. Selamat membaca..Pliss add coment ya..#ngarep

  • *My Posting*

  • Instagram Account

    Thankyou My lil bro @imamfachrul_ masker naturgo nya langsung tth pake yaa..cucok markicokk..adem bgt d muka ❤❤❤ buat yg minat bisa japri Aja ke @imamfachrul_  yaa..thankss 😉
  • Blog yang Saya Ikuti

  • wjsblog

    mencari jati diri

    mayakristiantini

    @HatiWanita

    KRIRIEN

    sekadar merapikan kenangan

    Variasi Menu - Menu

    always fresh always tasty

    %d blogger menyukai ini: