Kepo yang Harus Ditahan

download

Sumber gambar : matadunia.met

Sifat manusia memang suka ingin tau. Tapi tingkatan nya berbeda-beda. Ada ingin tau yang wajar dan ada juga yang berlebihan.

Yang biasanya jadi bikin renggang atau rusaknya ukhuwah adalah kalo kepo berlebihan karena bisa menyebabkan orang lain tersinggung dan risih bahkan ga jarang jadi marah. So ada kepo yang harus kita tahan terutama menyangkut hal-hal sensitif dalam hidup seseorang dan  kita harus menghormati privacy nya. Kita juga ga enak dong yah dikepoin masalah sensitif😀

Beberapa kepo-kepo yg sebaiknya ditahan :

  1. Nanya ke orang yg belum menikah–kenapa belum menikah? Juga ke org yg udah nikah dan belum terlihat hamil/punya anak–kenapa belum dikasi keturunan?
    Meskipun basa basi.
  2.  Nanya ke penjual–maaf kalo boleh tau ambil barangnya dimana ya? Sesopan apapun itu disampaikan tetep aja ga sopan. Ga tau adab. Mgkn penjual tsb udah blusukan atau googling sana sini demi dpt suplier yg murah. Kalo mau jd reseller melalui dia masi sopan. Kalo nanya kulakan dimana kayanya ga etis yah.
  3. Nanya ke ibu rumah tangga lulusan perguruan tinggi –ibu kenapa ga kerja kantoran kan sayang ijazahnya? Juga sebaliknya nanya ke wanita bekerja kenapa ga jadi ibu rumah tangga aja? Setiap orang mempunyai alasan dan pertimbangan masing- masing.

Dan aneka kepo lain yang sebenernya bukan untuk memberi saran dan yang bukan jadi manfaat untuk diri sendiri. Kadang kalo tau atau ga tau pun ga akan berpengaruh buat hidup kita iya nggak. Misalkan kita tahu si fulan beli mobil dengan kredit, apa ngaruh ke hidup kita? toh kita nggak ikut pusing bayarin cicilan nya bukan? Atau si Fulan diketahui belum menikah dan kamu sudah misalkan, apakah dengan taunya si Fulan itu belum nikah ngaruh ke hidup kamu? Aku rasa tidak🙂

Kepo yg boleh salah satunya tentang keingintahuan kita tentang agama. Misal amalan apa daja ya yg dicintai Allah. Cara masuk surga yg tanpa hisab melaui amalan apa ya? Kalo banyak dosa cara minta ampunnya gmn ya? Cara didik anak yg dicontohkan Rasulullaah gmn ya? Perdagangan yg berkah apa aja ya. Dosa riba itu gimana? dan lain-lain.

 

Inspired by Bunda Kaska dengan beberapa pemikiran sendiri🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • *Follow Me On Twitter*

  • My Facebook

  • Tentang Aku

    Assalamualaikum..
    Hallo teman-teman Salam Kenal yaa..Aku seorang nutritionist, Seorang istri yang berusaha untuk menjadi shaleha..suka posting..Senang berbagi cerita dan informasi. Saya senang berteman dengan siapa saja. Selamat membaca..Pliss add coment ya..#ngarep

  • *My Posting*

  • Instagram Account

    Thankyou My lil bro @imamfachrul_ masker naturgo nya langsung tth pake yaa..cucok markicokk..adem bgt d muka ❤❤❤ buat yg minat bisa japri Aja ke @imamfachrul_  yaa..thankss 😉
  • Blog yang Saya Ikuti

  • wjsblog

    mencari jati diri

    mayakristiantini

    @HatiWanita

    KRIRIEN

    sekadar merapikan kenangan

    Variasi Menu - Menu

    always fresh always tasty

    %d blogger menyukai ini: