Diet OCD Ala Deddy Corbuzier

Sebelumnya Aku n keluarga mau ngucapin Selamat hari raya Idul Fitri, minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan bathin atas segala kesalahan.

Pasca lebaran, sebagian besar mungkin mengalami kalaf dalam mengkonsumsi makanan,,termasuk Aku..hehehhe..Segala macem dicobain, kayanya hampir di setiap rumah yang Aku kunjungi pasti Aku cobain terutama makanan yang asing n baru Aku lihat cz kata dosen Aku dulu, sebagai ahli gizi harus gaul n mencicipi semua makanan heehhe alibi banget yaa..:D Nah setelah itu baru deh mikirin berat badan…heheheh 

Well, Tadi pagi Aku buka akun twitterku dan ada yang menarik yaitu tentang diet OCD yang dipopulerkan oleh mentalis Deddy Corbuzier. Setelah aku searching-searching kayanya bagus juga buat di share ke teman-teman semua khususnya yang ingin menurunkan berat badan..Di dunia gizi sendiri ini terbilang baru dan sepertinya tidak dianjurkan, tapi apa salahnya buat di share ya teman-teman :) Saya ingin berbagi sedikit tentang jenis diet yang sedang happening ini :) 

OCD yang dimaksud disini adalah OBSSESIVE CORBUZIER”S DIET  (Cara Diet Deddy Corbusier) 

Sebelum kita bahas baiklah agar para pembaca yang budiman tidak bingung apa OCD-nya Om Dedy yang katanya Sukses turun berat badan, Badan jadi berotot kaya gambar yang diperlihatkan sebagai buktinya. Baik inilah cuplikan program dietnya: 

Apa yang dilakukan Om Dedy? Ini adalah contoh program yanglakukan om Dedy dan menjadi kebiasaan. 
1.minggu pertama saya coba 6 jam waktu makan. (Terlalu mudah untuk saya) 
2. Minggu ke dua saya sudah masuk ke 4 jam waktu makan (pernah sekali kali gagal balik ke 6 jam namun segera balik ke 4 jam lagi seandainya gagal) 
3. Minggu ke 3 saya memasukkan pola puasa 24 jam seminggu sekali dengan pola jendela makan 4 jam. 
4. Minggu ke 4 hingga kini saya menggunakan pola puasa 24 jam 2 kali seminggu dengan pola jendela makan 6 jam seharinya. 
Ingat bahwa hal ini sangatlah flexibel! Kadang saya hanya hanya sekali puasa 24 jam dengan seminggu 6 jam pola jendela makan, kadang saya 2 kali puasa dengan 4 jam atau 8 jam jendela makan dan sebagainya…..Ditambahi juga Bahwa kita tidak perlu Olah raga di Gym dengan keras bersusah payah dengan melalukan Cardio dan Sit Up.

Anggap aja info sedikit diatas sebagai gambaran metode dietnya sebaiknya dibaca lengkapnya bisa dicari lewah Mbah Google. Sekarang saatnya kita bahas metode Diet tersebut. 

1. Teori yang mendasari diet OCD sebenarnya sederhana saja dan jika anda pernah belajar biokimia maka pasti diajari tentang metabolisme makanan dan itu memang benar jika tubuh tidak menerima pasokan makanan sehingga glukosa habis, kemudian menggunakan glikogen dan akhirnya akan membongkar lemak tubuh dengan terbongkarnya lemak maka berat badan menjadi turun komposisi lemak menjadi rendah, dan dalam penerapan OCD makanya menerapkan Istilah PUASA dan JENDELA MAKAN yang membagi JENDELA MAKAN 8, 6 atau 4 Jam dan ada PUASA JAM, tidak salah jika om Dedy beratnya turun drastis.Pemilihan metode puasa Dedy merupakan pilihan yang sangat jitu karena puasa memang punya banyak “keajaiban” jika ingin lebih lengkap tentang keajaiban puasa bisa dibaca dihttp://www.tribunnews.com/ramadan/2012/07/23/ini-keajaiban-metabolisme-pada-tubuh-saat-puasa ….apalagi Om Dedy menerapkannya dengan ketat setiap hari meskipun definisi Puasa Om Dedy berbeda dengan Puasa Umat Muslim yaitu Masih boleh makan dan minum yang tidak berkalori.Artinya anda hanya makan sekali dalam sehari. Jam berapa saja, makan apa saja sebanyak apa saja.(bukan rakus dan bukan makan pagi) ……… Pola yang diterapkan om Dedy dengan Jendela 4 jam makan yang artinya boleh makan apa saja dan berapa saja (asal tidak rakus) selama 4 jam sisanya Puasa yaitu hanya boleh makan dan minum yang tidak mengandung kalori atau katanya yang sangat rendah kalori.Selain menerapkan jendela makan 4 jam setiap hari diselingi 2 hari dalam seminggu Puasa 24 jam yang maksudnya dalam 24 jam boleh makan satu kali aja…..wow……….mantap Tidak heran Om Dedy dalam 3 bulan bisa menurunkan berat badan dengan sukses….Pertanyaan saya kalau metode ini dianggap nyaman kelihatannya gak usah berfikir dan menghasilkan sukses luar biasa menurut saya…salah besar…coba anda dalam 24 jam hanya makan sekali….waduh berat sekali……..dalam puasa Islam aja ada sahur dan buka berarti dianjurkan paling tidak makan 2 kali dalam 24 jam…..oM dEDY KUAT KARENA PUNYA NIAT KUAT YANG BERDAMPAK TIMBULNYA KEYAKINAN YANG KUAT SERTA DIAPLIKASIKAN DENGAN SEMANGAT LUAR BIASA.Intinya menurut saya kenapa berat badan bisa turun ya tetap aja mengacu pada teori keseimbangan Energi yaitu tergantung pada pasokan dan penggunaan energi… Coba kalau boleh tahu kita record atau reccall konsumsi makan Om Dedy saya yakin Energi yang diasup pasti lebih rendah dari yang digunakan. Lantas apa yang perlu menjadi pusat perhatian ketika kita menjalankan istilahnya Diet Rendah Energi?…ya PENTING SEKALI MEMPERHATIKAN ZAT GIZI LAINNYA HARUS TERPENUHI Kebutuhan Protein, Vitamin dan Mineral karena jika zat ini sampai kurang apalagi jangka panjang maka tinggal menunggu waktu panen penyakit…oleh sebab itu jika ingin mencoba metode OCD maka perhatikan benar asupan zat-zat gizi baik dari segi kualitas mapun kuantitasnya. Saran saya jika ingin mencoba Metode Diet OCD ini tanya dulu sama Om Dedy Selama program diet ini yang dimakan apa saja…jika memang zat gizi yang diasup mencupi kebutuhan kita maka silakan ikuti.

2. Tentang Hormon pertumbuhan yang bisa bikin awet muda dan akan keluar saat tubuh puasa seperti kata Om Dedy “Penelitian terbaru menegaskan tentang efek puasa pada hormon pertumbuhan manusia (HGH), metabolisme protein. HGH bekerja untuk melindungi otot dan keseimbangan metabolik, respon dipicu dan dipercepat dengan berpuasa. Selama periode 18-24 jam puasa, HGH meningkat rata-rata 1.300 persen pada wanita, dan hampir 2.000 persen pada pria” bisa diterima. Hal senada juga diperkuat pernyataan Sobat Rio Jati Kusuma dalam diskusi di Facebook Grup Gerakan Sadar Gizi “saya rasa ini sejalan dengan penelitian yang sedang saya lakukan yaitu dengan peningkatan aktivitas dari PGC-1 alpha (koaktivator ekspresi beberapa gen). PGC-1 alpha ini meningkat saat tubuh dalam kondisi hipoglikemi, dampaknya adalah meningkatkan proses beta oksidasi lemak dan juga memicu peningkatan sensitivitas insulin, sehingga energi dengan mudah diproduksi…Aktivitas PGC-1 alpha hanya dapat ditingkatkan dengan 2 cara: aktivitas fisik (latihan otot) dan diet, jadi puasa dan aktivitas fisik secara signifikan akan meningkatkan PGC-1 alpha” dan perlu diketahui juga bahwa hormon pertumbuhan akan diproduksi optimal ketika kita tidur dalam kondisi nyenyak. Jadi sekali lagi metode yang dipilih dengan melakukan DIET PUASA DEDY (istilah OCD bagi saya) ini memang tepat dan gak salah.

3. TIDAK SARAPAN PAGI memang ini bertentangan dengan anjuran Kementrian Kesehatan dalam Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS) pesan ke 7 Yaitu biasakan makan pagi…dan dalam tulisannya Om Dedy juga mengatakan demikian…Berapa banyak kalian mendengar bahwa makan pagi adalah makanan paling penting dalam satu hari dan berbagai keuntungannya dalam makan pagi.. dikatakan bahwa akan memberikan energi dan juga akan membuat kita lebih tidak ingin makan banyak di siang harinya sehingga bisa membuat kita menjaga tubuh kita.
Kini semuanya akan berubah kalau anda masih mau mendengarkan kata saya, mari bertanya sedikit.. mengapa anak anak tidak ada yang suka makan pagi atau sarapan? Ingatkah saat anda kecil anda kesal bila harus makan pagi? Tapi lama kelamaan menjadi suka dan harus karena di suruh. Tahukah anda anak anak yang makan pagi atau sarapan banyak maka 90% mengalami kegemukan? Dan ingatkah ketika anda menjadi ngantuk di kelas dan bahkan lapar saat istirahat pertama anda di sekolah yang hanya beda 3 jam dari sarapan anda tapi anda lapar lagi???………itu memang opininya Om Dedy saja…Tapi mudah-mudahan pendapat ini tidak diikuti terutama anak-anak karena berbagai penelitian menunjukkan pengaruh yang signifikan antara sarapan pagi dengan prestasi belajar…mungkin saran saya Om Dedy penelitian dulu deh….tetapi dugaan saya kenapa Om Dedy bisa lebih semangat meski tidak sarapan karena ya itu tadi masaalaah KEYAKINAN…beliau yakin dan pasti akan mati-matian membuktikan bahwa tanpa sarapaan pagi itu sehat…dan sebenarnya kalau kita baca tulisan Om Dedy sendiri sebenarnya juga ada masalah….coba baca:saya memiliki masalah dengan penyakit maag saya dan itu kini hilang. Awalnya saya selalu membuka makan dengan obat maag cair seminggu pertama and now its gone bahkan ketika saya puasa 24 jam….dan jika anda mengalami sakit maag karena metode diet ini maka apakah anda akan setangguh Om Dedy???? yang jelas punya keyakinan kuat membuktikan bahwa metodenya hebat.Dan terus terang saya juga masih bertanya-tanya kenapa Om Dedy begitu anti dengan sarapan pagi????? jadi katanya Setelah bangun pagi, selama 3 jam ke depan usahakan untuk tdk makan? saya masih belum tahu alasannya kenapa setelah bangun tidur 3-4 jam jangan makan dan apakah waktu tersebut yang digunakan untuk waktu berolahraga karena metode ini menyarankan olah raga ketika dalam kondisi tubuh tidak mendapat pasokan energi 3-4 jam setelah makan sehingga diharapkan lemaklah yang dibongkar (lipolisis) atau Gluconeogenesis (mudaahan bukan proteinnya yang dibongkar). 

SECARA UMUM DAPAT DISIMPULKAN (Menurut Saya):
1. METODE DIET INI (OCD) sebenarnya metode diet BIASA yang memanfaatkan kelebihan Puasa.
2. Anda silakan mencoba Metode ini tetapi dengan catatan JAGA BETUL ASUPAN GIZI HARIAN SAUDARA karena adanya pembatasan jam makan (Jendela makan) serta adanya Puasa 24 jam (sehari makan sekali) akan membatasi waktu makan anda.
3. Menganjurkan TIDAK SARAPAN PAGI apalagi pada Anak masa pertumbuhan / anak sekolah jangan diikuti…jadi kalaupun ada yang mau coba sebaiknya yang sudah dewasa. 

SARAN:
KALAU ANDA INGIN BENAR-BENAR DIET DENGAN NIAT KUAT SEMANGAT MEMBARA SERTA MENDAPAT PAHALA ….dari pada memilih metode ini OCD lebih baik DIET NABI DAUD (DND) atau Jalani saja PUASA NABI DAUD Sehari puasa sehari Buka Coba 3 bulan bandingkan dengan OCD dengan catatan SETIAP AKAN BERBUKA PUASA OLAH RAGA KURANG LEBIH 15-30 menit. SUSUNAN HIDANGAN MAKANAN DENGAN PRINSIP GIZI SEIMBANG Jika Tidak Puasa Harus SARAPAN PAGI Makan Siang dan Malam…JIKA PUASA Cukup Makan Buka dan Sahur Hindari Ngemil…Hindari Minuman manis….silakan minum teh atau kopi tapi tawar….Hindari sebisa mungkin makanan gorengan..Dan STOP MAKAN Setelah Makan Malam SAMPAI Bangun kecuali minum yang tidak berkalori…..HARUS SAHUR KETIKA AKAN MENJALANKAN PUASA, saya yakin kedasyatannya lebih hebat dari OCD …SELAIN SEHAT, BUGAR DAPAT PAHALA….Jangan lupa Niatkan Ibadah.

Sebagai Tanbahan Catatan Penting:
KETIKA MENJALANKAN DIET NABI DAUD (Maksudnya Puasa nabi Daud) HARUS SAHUR:
Jadi waktu sahur yang dianjurkan adalah 1/3 malam terakhir. perlu diketahui didalam Islam waktu malam dibagi menjadi 3 yakni 1/3 malam pertama ( Ba’da Isya – 22.00) , 1/3 malam kedua ( pukul 22.00 – 01.00 )dan 1/3 malam terakhir ( pukul 01.00 – Subuh ). Ternyata berdasarkan penelitian bangun di 1/3 malam terakhir itu bermanfaat luar biasa untuk kesehatan kita bahkan dapat menjadi pilar utama kesuksesan kita dalam menjalankan berbagai macam diet. Ketika kita lelap tertidur ternyata banyak kejadian yang terjadi didalam tubuh kita. Pada saat tidur, sistem hormon akan berpindah pada tahap anabolik, yaitu konversi energi untuk perbaikan dan pertumbuhan. Pada tahap ini tingkat hormon adrenalin dan kortikosteroid turun dan tubuh mulai memproduksi hormon pertumbuhan (human growth hormone atau HGH), melatonin, juga hormon seks testosteron, hormon kesuburan, FSH (follicle-stimulating hormone dan hormon LH (luteinizing hormone). HGH mendorong pertumbuhan, pemeliharaan dan perbaikan otot dan tulang dengan memfasilitasi penggunaan asam amino. Sedangkan melatonin adalah hormon yang diproduksi untuk membantu manusia untuk tidur. Hormon ini disekresikan oleh kelenjar pineal jauh di dalam otak, ini membantu tubuh mengontrol irama dan siklus tidur-bangun. Tetapi faktanya hormon-hormon baik tersebut semakin malam semakin turun produksinya dan akan berada pada titik terendah saat 1/3 malam terakhir, kebalikannya hormon stress yakni hormon kortisol justru meningkat produksinya dan yang bisa menghentikannya adalah kalau kita bangun. Jadi ketika kita bangun makan sahur pada saat 1/3 malam terakhir otomatis akan menghentikan produksi kortisol dan sekaligus menjaga fungsi hormon-hormon baik selama kita tidur terutama di 1/3 malam kedua dapat bermanfaaat secara optimal.

Semoga tulisan ini bermanfaat buat semua pembaca :) 

 

Sumber : –  www.rsulin.com, 

               –  https://www.facebook.com/RumahDietGizanda

 

125 pemikiran pada “Diet OCD Ala Deddy Corbuzier

    1. Omg, gandum susu keju itu berkalori semua. hampir semua makanan itu berkalori. bahkan sayur dan buah jg berkalori. yang tidak berkalori itu pemanis buatan, dan air putih. mungkin ada senyawa kimia lain yang tidak berkalori. tomat juga berkalori, coba aja googling

  1. Sy sudah pernah mencoba puasa 7 hr tdk mkan apapun yg sy kosumsi hny milelea organik, air putih n susu soya! Kemudian slma 3 minggu sy mkan mkanan vegetarian 3xshari. Alhamdulillah brat bdan sy turun 15kg dlm wkt 1 bulan.

    1. Berat badan saya pernah 70kg saat 1 SMA. Tp saat 3SMA- kuliah smester 3, berat badan saya bs turun drastis smp tingl 50kg. Inti’ya klo mau diet harus teratur dan disiplin.
      Tp krn saya skrang pola makan’y kurang teratur dan ga disiplin jadi berat badan saya naik lagi

      1. benar kata kamu..inti dari diet itu adalah pengaturan pola makan, jenis makanan apa yang dianjurkan dan tidak dianjurkan dan pola hidup juga ga kalah penting nya,,misalkan olahraga teratur dan istirahat yang cukup :) minta tips nya dong yu biar turun Berat badan gitu, dulu pake diet apa? ^_^

    2. saya juga sama mba wiwik heheheh :) makanya saya ingin berbagi info tentang diet ini. Pada dasarnya mau menjalankan diet apapun selama tidak berdampak negatif dan berbahaya sih silahkan jalani, tapi semuanya harus didasari kekuatan n kesungguhan niat kita dalam menjalankan diet tsb. Tips dari saya, jangan dibawa stress dengan target berat badan yang ingin dicapai, tapi jalani dietnya dengan senang hati insya Allah berhasil :)

  2. Saya suka dgn diet OCD ini,tp sy msh bingung gmn carany.mksdny pola makan 6,8,4 jam itu gmn tlg lbh di perjelas lg,cz sy pgin lakukan diet OCD ini dgn benar.tinggi badan sy 159cm,brt badan 67kg,brati sy hrs turun brp kilo?n idealny brp kilo?

    1. Intinya siy dr 24jam sehari kita hanya boleh mkn di 8, 6, atau 4 jam dan sisanya puasa, puasa disini hanya boleh makan dan minum yang tidak mengandung kalori atau katanya yang sangat rendah kalori, misalnya air putih, sayuran dan buah..dengan catatan bukan porsi rakus heheheh :)

      1. Sebenernya di tutorial asli deddy corbuzier, buah pun tidak di anjurkan pada saat jam puasa,jadi klo bisa permen zero calories atau tidak air putih saja

      2. maaf mba kata om deddy ga boleh makan buah ataupun sayuran di saat puasa hanya air putih saja :D ada pernyataan itu di pdf yang dikasih, jadi makan buah atau sayurnya pas jendela makan saja selebihnya hanya air putih, permen diperbolehkan asal kalori nya harus sangat rendah

      3. mba, maksud om deddy, kalori yang sangat rendah itu makanan yang kalorinya lebih rendah dari 1 kkalori. dan makanan yang seperti itu ya cuma permen dengan pemanis buatan. kenapa rendah kalori spt sayur jg gk boleh? karena dengan adanya kalori yg masuk, harapan pelaku ocd untuk menaikkan HGH sebesar 2000% akan gagal. HGH bisa naik kalau tidak ada kalori yang masuk ke tubuh kita dalam waktu yang lama (maks 24 jam utk kamanan ksehatan). HGH itu human growth hormone, hormon yang membentuk otot, pertumbuhan badan, serta dipercaya sebagai imunitas terhadap segala gangguan. semoga membantu

    1. oh efek diet nya gimana habsy??oohh br tau kalau diet ocd bermafaat untuk melawan penyakit malaria, ginjal dan jantung..thanks infonya :)

    1. Kalau tidak ada penyakit khusus yang memerlukan diet khusus sih biasa aja makan nya, yang harus dihindari adalah makanan gorengan apalagi dengan pemakaian minyak berkali-kali..dan ingat porsinya jangan porsi rakus alias balas dendam :D

  3. saya sependapat dengan anda…dlm agama islam ada puasa sunnah spt puasa senin kamis, puasa daud..pasti ada maksudnya itu di sunnahkan…ditambah lagi kita memulai hari dengan sholat tahajud dgn gerakan sholat yg benar tidak terburu2 ato asal2an sama juga mengerakkan badan kita..dilanjut dengan sahur..trus sholat subuh..itu saja sudah banyak sekali manfaat dan pahala yg didapat…nanti kalo berbuka juga ga perlu kalap biasanya kalo sudah rutin puasa waktu buka menjadi hal yg biasa tetap harus disyukuri krn sudah menjalankan puasa satu hari tidak hanya menahan haus dan lapar saja tapi hawa nafsu yg lain…dilakukan terus menerus tidak hanya 1 bln, ato 3 blun tapi dilakukan terus Insya Allah sehat..lagian puasa harusnya kita jadi irit..sedikit pengeluaran, uangnya bisa buat sedekah..:D

  4. saya sangat ingin mencoba, tapi saya masih belum paham tentang maksud dari 6,8 sampe 24 jam jendela makan ??
    apa maksudnya kita hanya boleh makan 6 jam setelah makan sebelumnya atau bagaimana ?
    minta tolong penjelasannya …
    Terima kasih..

  5. Thx infonya bisa di coba nanti buat jaga berat badan
    Klo saya butuh 3 minggu dari 88 kg ke 65kg dengan gak boleh makan yg mengandung minyak jadi hrus di rebus ato di kukus lauknya tuk porsi makan sewajarnya tetep 3x sehari intinya gakboleh yg goreng2an lah selama 3 minggu
    Gak perlu olahraga tpi klo di selingin olahraga tambah bgus
    Cara ini sebenarnya gak sengaja q jalanin soalnya dulu pasca kelar oprasi amandel ama dokternya gak bleh makan yg berminyak ama yg di goreng selama 3 minggu eh tau tau jadi 65kg berat q pas bnget waktu it ikut tes akmil awalnya gak ideal berat badan q it pengalan dri q smoga bermanfaat

      1. Ea gak cuma cobaanya makan makanan gorengan aj slama 3 kin seminggu pertama berat soalnyanblom biasa tapi minggu ke 2 dan ke 3 insyaalah terbiasa malah nafsu makan jadi berkurang
        Kin klo setelah 3 minggu bleh dah makan bebas tapi tetep jangan berlebihan malah tantangan terberatnya setelah it soalnya harus menjag berat badan kin OCD bsa di pakek

          1. betul nah itu cobaan nya,,secara di indonesia konsumsi gorengan nya ajegile..alasan nya sih praktis n klo males masak ya beli gorengan..berat memang yaa -_-

      2. yakin bisa makan yang direbus selama 3 minggu?:D diet OCD itu simple kok cuma makan sehari 4 jam makan seperti biasa dan tidak rakus klo bisa sehat klo ga bisa didapat ya seadanya aja, makan direbus dah pernah nyoba klo niatnya ga kuattt banget paling bertahan seminggu :D dari yg dah pengalaman hohoho dah say coba kok dua minggu turun 4 kg lumayan kan aktifitas ga keganggu puasa pun masih bisa minum ada temen ngajakin makan siang saya ikut, ga usah bingung milih harus makanan rebus lagi. basically I love to eat, I love tasty food like others but I want loss my body weight too

      1. 57/(1.6×1.6)= 22.26
        Untuk wanita rasionya 21-22. Jadi kelebihan sedikit bu, gak masalah.
        Dengan tinggi 160cm, range berat yg ideal 51 – 56 kg.

    1. aduuh menderita bgt gk makan gorengan :( saya mah mending boleh makan gorengan tiap hari tp dengan porsi makan yg sedikit (dgn ocd 24 jam jumlah makanan yg turun pun jauh lebih sedikit, gorengan yg saya makan pun berkurang jauh) hehehe.

  6. cara diet ocd itu kalau menurut saya , cara diet yang menjalankan supaya tidak bosan,makanya dianjurkan makan apa saja tapi bukan ”rakus” ,bukan dengan cara diet yang lainnya,yang nasi di ganti nasi beras merah,atau makanan yang di kukus,pada saat kita diet pasti masih bisa,tp ketika kita sudah melihat makanan yang lainnya pasti kalap juga akhirnya.tapi apapun cara dietnya itu tergantung dari niat kita pribadi..ok guys selamat menjalani diet,,semoga berhasil..cayoo!!!

      1. tapi pak anrol, kalo menurut saya sih selama kita memastikan asupan gizi yg esensial tetap tercukupi gk masalah tuh ocd. malah menignkatkan HGH (human growth hormone) sebesar 2000%. HGH kan hormon untuk pertumbuhan manusia.

        seperti contohnya saya, dengan OCD bukan berarti saya gk perhatikan asupan gizi. ini saya antisipasi dengan makan dgn protein cukup (50 gr/hari biasanya dari ayam goreng, sop daging, tempe, dan susu), lalu dengan vitamin a,b,e,zinc dan calsium yg cukup yaitu dengan minum susu hi calsium 1/2 liter per hari (2 gelas). jd intinya harus tricky juga dlm ocd.

        lumayan lah skrg berat saya berkurang 6kilo dlm sebulan (itu pun seminggu saya libur ocd krn jalan2 ke punjak hahaha), dan tetaaap bisa maka enaaaak :D.

  7. wik infonya keren…. bisa jadi pertimbangan saat mau diet. saya rasa pendapat mbak ini bener ya, yang bikin BB cepet turun itu keyakinan yang kuat.

    1. sebenernya niat utama pusa adalah mendekatkan diri kpd Allah, namun diet atau penurunan BB adalah bonus hikmah dari puasa..:)

    2. betul gan, ane puasa (dgn niat kpn allah) sekaligus OCD (dgn niat utk diet) takut puasanya gk diterima deh :( mana waktu itu ane puasa sambil ocd buat bayar nazar lg hahaha.

  8. berhasilkah? hari pertama nyoba yg 8 jam, pagi di kantor lemes tapi yg aneh biasanya jam 10an udah ngantuk malah semakin terjaga n siang-sore yang biasanya ngantuk malah nggak

  9. Itulah rahasia yg d cari oleh orang2 !!!!
    Bahwa sbennerx awet muda itu ga”da obatx tp metode awet muda awet muda !!!!!
    Slamat om dedi botak !!!!! Anda ber hasil menemukanx !!!!

    1. Dalam sehari (24 jam)kita hanya boleh makan selama 4jam saja,porsi bebas,frekuensi makan terserah asal jangan rakus aja gt sih yg aq tangkap :)

  10. Sepertinya betul tuh…sebelum ocd dikenalkan, saya memang tidak pernah sarapan dan hanya makan siang. Dan itu berhasil karena berat badan saya tidak pernah melebihi 48 kg. Sekarang saya kadang2 ikut sarapan pagi dengan suami dan anak2, ternyata bb saya naik sampai 49 dan rasanya sulit utk turun 1kg . Pas nonton hitam putih dan program ocd baru saya nyadar, ternyata cara saya sdh betul.

  11. Sepertinya betul tuh…sebelum ocd dikenalkan, saya memang tidak pernah sarapan dan hanya makan siang. Dan itu berhasil karena berat badan saya tidak pernah melebihi 48 kg. Sekarang saya kadang2 ikut sarapan pagi dengan suami dan anak2, ternyata bb saya naik sampai 49 dan rasanya sulit utk turun 1kg . Pas nonton hitam putih dan program ocd baru saya nyadar, ternyata cara saya sdh betul.

    1. Iya boleh lah,klo g makan drmana asupan gizi yg kita butuhkan?? Ocd itu kan ada jendela makan nya,nah jendela makan itu adalah jam dimana kita boleh makan :)

  12. Sebelumnya trimakasih atas share infonya, tapi dari tulisan diatas ada beberapa yang perlu ditinjau kembali bahwa jendela makan yang dianjurkan di program OCD ada yang 8, 6,4, jam atau puasa 24 jam, tapi om dedy sendiri menjalankan jendela makan 6, 4 dan puasa 24 jam, dan juga bahwa memang ditulisan om Dedi sudah dijelaskan bahwa diet OCD memang tidak untuk anak-anak,lansia dan bumil, pada intinya selama jendela makan kita harus memenuhi kebutuhan kalori, protein dan lemak jadi memang bukan makan seenaknya saja, keran tetap harus pada pakem makanan yang memenuhi kebutuhan tubuh, saya sendiri sudah biasa puasa meskipun dibulan Ramadhan tidak pernah saat berpuasa maupun sahur dengan makanan seenaknya saja, karena saya selalu berfikir bahwa saya harus memberi penghargaan yang tinggi untuk tubuh saya sendiri dengan memberi yang terbaik salah satunya makanan, jadi saat mencoba diet OCD tidak ada masalah. Intinya kita harus memikirkan apa yang akan kita masukkan dalam tubuh jangan asal kenyang karena lapar mata,karena kita harus mengendalikan hawa nafsu kita termasuk dalam makanan, bukankah itu juga salah satunya yang diajarkan dalam berpuasa 1 bulan dibulan Ramadhan

  13. saya kira kita ingin diet yang simple itulah Point plussnya OCD boleh makan apa saja (tidak boleh rakus), jam berapapun (tapi tidak boleh makan minimal 3 jam setelah kita bangun tidur, dan kita tidak dianjurkan untuk minum atau memakai alat apapun simple kan, hal-hal yang simple ini yang membuat OCD di download satu juta orang setiap minggunya dan kenapa tidak menurun ? ,, itu karena diet ini berhasil saya sudah mencobanya sendiri berat badan turun 2 kg dalam seminggu tanpa lemas tanpa lapar dan dapat terus beraktifitas seperti biasa (karena dibolehkan minum) malah ketika saya berolahraga di pagi hari stamina saya semakin kuat, ini dibuktikan biasanya sebelum OCD saya hanya mengikuti 1 sesi berkisar 40 menit bulu tangkis tapi setelah adanya OCD ini saya bisa 2 sesi atau lebih dan banyak teman saya yang heran kok bisa dan itulah hebatnya :D dengan masalah puasa yang mba bicarakan saya kira bagus bisa tambah pahala dan sebagainya tetapi ingat simple dan bisa beraktifitas sehari-hari tanpa lemas adalah point utama OCD ini, semakin simple atau sederhana suatu hal tak membuat beban pikiran dan membuat Diet ini tahan lama saya sudah 2 minggu lho :D dan diet ini sudah menjadi bagian atau cara hidup saya yang baru hehehe…

    intinya saya ingin bilang puasa nabi daud boleh apalagi mendapatkan pahala ( siapa sih yang tidak mau) tapi OCD adalah metode yang berbeda niat dan tujuan dari puasa karena tujuan OCD ini adalah merubah cara hidup, menurunkan berat badan dan mengatur pola makan yang bisa dibilang berantakan :D

    bisa dibilang kenapa diet selalu gagal mungkin yg saya temui lebih parah lebih dari 90% orang gagal duhh ,,, karena mereka tidak cocok banyak yg dipikirkan harus minum inilah itulah makan ngitung kalorilah (belum tentu semua orang bisa) udah makan yang kurang mengenakkan harus disertai gaya hidup yang bikin lemes lagi :D membuat orang jenuh, capek dan hasilnya adalah kegagalan

    semoga balasan saya dapat menjadi pertimbangan hehehe… ane cuma mau curhat doank cmiwww …

  14. saya kira kita ingin diet yang simple itulah Point plussnya OCD boleh makan apa saja (tidak boleh rakus), jam berapapun (tapi tidak boleh makan minimal 3 jam setelah kita bangun tidur, dan kita tidak dianjurkan untuk minum atau memakai alat apapun simple kan, hal-hal yang simple ini yang membuat OCD di download satu juta orang setiap minggunya dan kenapa tidak menurun ? ,, itu karena diet ini berhasil saya sudah mencobanya sendiri berat badan turun 2 kg dalam seminggu tanpa lemas tanpa lapar dan dapat terus beraktifitas seperti biasa (karena dibolehkan minum) malah ketika saya berolahraga di pagi hari stamina saya semakin kuat, ini dibuktikan biasanya sebelum OCD saya hanya mengikuti 1 sesi berkisar 40 menit bulu tangkis tapi setelah adanya OCD ini saya bisa 2 sesi atau lebih dan banyak teman saya yang heran kok bisa dan itulah hebatnya :D dengan masalah puasa yang mba bicarakan saya kira bagus bisa tambah pahala dan sebagainya tetapi ingat simple dan bisa beraktifitas sehari-hari tanpa lemas adalah point utama OCD ini, semakin simple atau sederhana suatu hal tak membuat beban pikiran dan membuat Diet ini tahan lama saya sudah 2 minggu lho :D dan diet ini sudah menjadi bagian atau cara hidup saya yang baru hehehe…

    intinya saya ingin bilang puasa nabi daud boleh apalagi mendapatkan pahala ( siapa sih yang tidak mau) tapi OCD adalah metode yang berbeda niat dan tujuan dari puasa karena tujuan OCD ini adalah merubah cara hidup, menurunkan berat badan dan mengatur pola makan yang bisa dibilang berantakan :D

    bisa dibilang kenapa diet selalu gagal mungkin yg saya temui lebih parah lebih dari 90% orang gagal duhh ,,, karena mereka tidak cocok banyak yg dipikirkan harus minum inilah itulah makan ngitung kalorilah (belum tentu semua orang bisa) udah makan yang kurang mengenakkan harus disertai gaya hidup yang bikin lemes lagi :D membuat orang jenuh, capek dan hasilnya adalah kegagalan

    semoga balasan saya dapat menjadi pertimbangan hehehe…
    ane cuma mau curhat doank cmiwww …

  15. saya barusan baca ocdnya deddy… dan sy jg mpertanyakan, knapa bgitu kekeuh utk menolak sarapan tanpa ada alasan yg jelas…
    utk metode yg lain sih… spt puasa biasa
    Klo bs puasa pke 16 24 jam mending puasa daud aja… jelas manfaatnya + jelas pahalanya…

  16. saya sdh mencoba diet ocd ini sekitar seminggu yg lalu dan alhamdulillah bb saya turun 3 kg,hal tsb saya lakukan tanpa olah raga rutin seperti jalan kaki, atau lari,saya hanya melakukan olah raga badminton, dan hal positif yg nyata saya dapatkan dgn diet ocd ini adalah : tekanan darah saya biasanya 150/100 keatas menjadi 120/70 ,dan dalam hal permainan bulutangkis saya alhamdulillah selalu menang,beda ketika sya blum melaksanakan diet ocd,sering kalah.hehe, hanya itu yg saya kemukana utk share bagi teman2 yg mengalalmi obesitas.terima kasih

    1. wah sama tekanan darah saya juga turun dlm 3 minggu ocd. tp gk sedrastis anda sih. tadinya 138/90 sekarang 123/85. lumayan lah beberapa bulan lagi ocd semoga bisa 117/80 hehehe

  17. berat badan saya 47 kg dan itu membuat saya tidak pede. Saya diet, tapi berat badan saya malah naik jadi 48 kg. Trus akhirnya saya makan kaya biasa, tapi berat badan saya justru turun sampe 42 kg. Gimana tuh ?? bingung saya kalo mau diet

  18. Berat badan saya 46kg dan itu membuat saya tidak nyaman. Karena ada beberapa bagian di tubuh saya yang tampak gendut. Saya pun memulai diet, tapi hasilnya berat badan saya naik sampe 48kg. Karena putus asa, Saya konsumsi makanan seperti biasa. Tapi justru setelah itu, berat badan saya turun sampe 42kg. Gimana tuh ?

    Mohon penjelasannya

  19. Cukup menarik untuk d baca !! Tetapi anda membingungkan si pembaca yaitu saya ! D awal pembicaraan anda secara penulisan singkat nya setuju diet ocd ini ! Tetapi pada. Akhir tulisan anda , anda seakan-akan mencegah orang untuk tidak mengikuti diet ocd ini !!!

    1. Saya netral saja sebenarnya..ya menurut saya sih yang terakhir itu bisa dipakai juga sbg metode diet,plus dapat pahala juga..gt loh hehhe :)

  20. Sangat bermanfaat. Untuk anak-anak usia sekolah tetap penting sarapan pagi,tetapi diet ini tdk ada salahnya dicoba ( bagi yg sdg ingin menguruskan badan ),dibandingkan minum obat penggurus badan,yg ada efek samping

    1. Iya setuju..aq sebagai ahli gizi jg suka miris klo org2 memakai obat pelangsing buat diet.ga gw banget itu..hehee..klo diet ini mungkin solusi yg tepat buat yg ingin menurunkan berat badan..y walau sedikit bertentangan dgn prinsip gizi seimbang yaity dalam hal sarapan :)

    1. Akifitas sehari2 nya apa?mungkin aktifitas kamu memerlukan energi yang besar..walaupun input kamu banyak tapi energi yg dikeluarkan juga banyak..so klo saran aku sih kurangi aktifitas..buktinya ya aku ini loh hehehe

    2. ooo saya pernah baca nih. tampaknya ada tipe badan ectomorph (makan byk tetap kurus). saya pernah baca sih, ktanya kalau mau berisi harus dengan membentuk otot. karena makan byk utk tipe ectomorph, kalori yg tersisa tidak jd lemak biasanya. jadi lebih baik anda menggunakan asupan protein normal, lalu perbanyak angkat beban. bila anda wanita, jgn takut angkat beban tidak akan membuat anda spt bina raga, karena hormon testosteron pada wanita itu kecil sekali (kalau ada binaraga wanita sih saya ragu mengenai penggunaan steroid pada org itu)

    1. tergantung start jam makan kita itu,,misalnya kita makan pertama kali jam 10 pagi, selesai jam 6 (jendela makan 8 jam dari jam 10-jam 6 ) setelah jam 6 ga boleh makan hanya boleh minum air putih saja,,dengan catatan bukan porsi rakus katanya :)

    1. bebas mau jam berapa aja yang penting kita tentukan mulai makan nya mau jam berapa..misalkan kita tentukan makan pertama jam 10 pagi,kita hanya boleh makan sampai jam 2 siang,,selebihnya puasa. Puasa dalam diet ini maksudnya hanya boleh minum air putih saja

  21. mba, kalau bingung jgn nulis blog. yah gpp sih, kali aja ada yang mau bantu. tp lebih baik mba rajin sedikit buat baca e book ocdnya om deddy. disitu ada kok alasannya kenapa dia anti sarapan, dan kenapa dia lebih milih makan malam. jd intinya coba sempatkan membaca ebook itu setengah jam sehari hehehe. niscaya mba akan mendapatkan jawaban dari kebingungan mba hehehe. semoga bermanfaat

  22. saya sudah seminggu menjalankan ocd , tapi kenapa ia perut saya masih sama seperti sebelum saya menjalankan ocd , ?
    padahal saya menjalankannya dengan teratur , makan setiap 6 jam sekali . tapi memang selama ocd tidak berolahraga , saya hanya santai2 dirumah . mohon bantuannya ..

    1. ada baiknya kamu baca dengan baik e-book nya..saya juga melakukan ocd dan masih sama aja kok kalau postur tubuhnya,cuman berat badan lumayan berkurang, seminggu saya turun 3 kg. mungkin proses setiap orang berbeda. Saran saya, sebelum melakukan ocd sebaiknya timbang berat badan dulu, dan bandingkan setelah melakukan ocd :)

  23. awalnya everything seem to be ok hampir bulan ke 3.niat ocd tuk hgh bkn ngurusin badan.kalo kurus camnya uda stuck coz uda masuk ideal ( bb saya ideal bukan karena diet ocd ).
    Sampe satu pagi di hari minggu yup finally gw muntah cairan asam . its ok gw msh tetap cool…perlahan ocdnya gw batalin dan minum teh hangat dan breakfast nasi telur dadar..dan nasi omelet tu pun gw muntahin lagi..langsung ke dokter lah kena GERD dah gw nambah2 sakit .dan perut tetap mual muntah sekarang sudah mendingan.

  24. diet boleh aja yang penting adalah disiplin,,daripada diet 24jam mending puasa aja sekalian,selain diet kita juga dapet pahala….

  25. saya udah jalan 3 hari diet OCD…target turunin 10kg
    BB :75kg…. TB:173cm…doakan berhasil ya…..

    * hari 1-senin…Puasa 24 jam (sklian niat puasa senin & kamis) Jam 6 malam hari minggu s/d jam 6 malam hari senin…JM: 6 malam…

    * hari 2-selasa…Puasa 20 jam mulai jam 6 malam hari senin s/d jam 14.00 hari selasa…JM: 14.00-18.00

    * hari 3-Rabu…Puasa 20 jam mulai jam 6 malam hari selasa s/d jam 14.00 hari rabu….JM: 14.00-18.00

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s